Sufi yang Mengajari Raja Tiran

(Sumber: Syaikh Muzaffer Ozak al-Jerrahi, “Allah, Nabi Adam, dan Siti Hawa” (diterjemahkan oleh Luqman Hakim), Bandung: Pustaka Hidayah, Cetakan I, Juli 2009, hal. 112-113)

Pada suatu waktu, seorang sufi melihat bahwa ada seorang penguasa yang mendatangi majelis sufinya. Sufi itu pun bergegas pergi ke kamar, lalu berbaring di ranjangnya dan menutupkan kepala menggunakan selimut. Sebelumnya dia suruh anak lelakinya untuk menerima kedatangan raja. Tentu saja si raja menanyakan kepada anak itu tentang keberadaan bapaknya, dan mendapat jawaban, “Beliau ada di ranjangnya, Paduka.”

Ketika raja itu bertanya apakah sang sufi sakit, terdengar suara sufi menjawab dengan suara lantang, “Tidak, saya baik-baik saja. Saya cepat-cepat berbaring di ranjang ini dan menutup kepala dengan selimut karena tak ingin memandang wajah Anda, hai penguasa tiran. Saya berusaha menghindar dari Anda dan api neraka yang bakal menyelimuti siapa pun yang dekat-dekat dengan Anda. Menatap wajah Anda sama saja dengan menyaksikan api neraka.”

Setelah hening sejenak, raja tiran itu pun bertanya lagi, “Apakah kesalahanku hingga diriku bisa serendah itu?”

“Pelanggaran Anda terhadap hak-hak rakyat, kekuasaan Anda telah merampas harta kekayaan rakyat.”

Ternyata raja yang tiran itu tidak marah oleh jawaban-jawaban sufi. Dia mengakui kesalahannya. Lalu diserahkannya kembali kepada rakyat segala yang sudah dia rampas dari mereka, memberlakukan keadilan, dan mengantarkan rakyatnya menuju kedamaian dan kemakmuran.

——————————————————————————————————————————————————

“Tidaklah ada seorang hamba yang Allah beri kepercayaan untuk memimpin, kemudian pada saat matinya dia berada dalam melakukan penipuan terhadap rakyatnya, kecuali akan diharamkan atasnya untuk masuk surga.” (Shahih Bukhari dan Muslim)

——————————————————————————————————————————————————

One thought on “Sufi yang Mengajari Raja Tiran

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s