Memohon Perlindungan dari Setan

(Sumber: Muhammad Isa Dawud, “Dialog dengan Jin Muslim” (diterjemahkan oleh Afif Muhammad dan H. Abdul Adhiem), Bandung: Pustaka Hidayah, Cet. XII, Oktober 1997, hal. 191-192)

Salah seorang di antara kaum Salaf bertanya kepada muridnya, “Apa tindakanmu ketika setan menggodamu untuk melakukan kesalahan?” Sang murid menjawab, “Saya akan melawannya.”

“Kalau dia kembali menggodamu?” tanya sang guru.

“Saya akan melawannya lagi,” jawab muridnya.

“Kalau dia tetap kembali lagi?” tanya sang guru pula.

“Saya akan melawannya lagi,” jawab sang murid.

“Ah, itu berkepanjangan!” kata sang guru pula, “Bagaimana pendapatmu jika sekali waktu kamu lewat pada sekelompok kambing, lalu anjing yang menjaganya mengganggumu, atau menghalangimu lewat?” Sang murid menjawab, “Saya akan mengusirnya, dan terus berusaha mengusirnya sekuat tenaga.”

“Cara seperti itu terlalu sulit dan bertele-tele. Sebaiknya engkau meminta pertolongan kepada pemilik kambing itu agar dia menahan anjingnya dari mengganggumu.” (Sumber: Ibnu al-Jauzi, Talbis Iblis, hal. 37)

Memohon perlindungan kepada Allah adalah tempat berlindung dan benteng bagi setiap Muslim, manakala dia merasakan adanya gangguan atau waswas yang dilancarkan setan terhadapnya.

——————————————————————————————————————————————————

“Bertawakallah kepada Allah karena itu adalah kumpulan segala kebaikan, dan berjihadlah di jalan Allah karena itu adalah kerahiban kaum muslimin. Dan berdzikirlah kepada Allah serta membaca kitab-Nya (Al-Quran) karena itu adalah cahaya bagimu di dunia dan ketinggian sebutan di langit. Kuncilah lidah kecuali untuk segala hal yang baik. Dengan demikian kamu dapat mengalahkan setan.” (HR ath-Thabrani)

——————————————————————————————————————————————————

One thought on “Memohon Perlindungan dari Setan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s