Agar Iblis Menderita

(Sumber: Mohamad Zaka Al Farisi, “Like Father Like Son, Untaian Kisah-kisah Penuh Hikmah”, Bandung: MQ Gress, Cet. II, Maret 2008, hal. 40-41)

“Demi Dzat yang telah melaknatmu! Aku ingin mengajukan beberapa pertanyaan,” kata Nabi Isa dengan suara lantang ketika iblis datang dengan maksud menggoda beliau.

Mendengar pertanyaan itu, iblis menjerembabkan diri ke tanah. Kemudian, tubuhnya berguling-guling.

“Seandainya Tuan tidak memintaku dengan nama Dzat yang telah melaknatku, aku tidak sudi menjawab pertanyaan Tuan.”

“Pertama, apa yang dapat menyeret tubuhmu? Kedua, apa yang dapat mematahkan punggungmu?”

“Tubuhku dapat terseret-seret ketika mendengar suara ringkikan kuda. Bukan sembarang kuda, tetapi kuda yang ditunggangi untuk berjihad fi sabilillah. Adapun yang dapat mematahkan punggungku adalah shalat sunnah di rumah dan shalat berjamaah di masjid.”

——————————————————————————————————————————————————

“Pokok segala urusan ialah Al-Islam dan tiangnya adalah shalat, dan puncaknya (atapnya) adalah berjihad.” (HR At-Tirmidzi)

“Berikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang banyak berjalan dalam kegelapan (waktu Isya dan Subuh) menuju masjid dengan cahaya yang sangat terang di hari kiamat.” (HR Abu Dawud, Tirmidzi, dan Ibnu Majah)

“Rabb kita takjub terhadap dua orang lelaki yang berperang di jalan Allah kemudian teman-temannya mundur karena mengalami kekalahan dan dia sadar akan kekalahan tersebut, akan tetapi ia tidak mau mundur ke belakang, ia kembali bertempur sampai darahnya tertumpah, maka Allah pun berfirman kepada para malaikat-Nya, ‘Lihatlah hamba-Ku ini, ia kembali bertempur karena mengharap dan merindukan apa yang ada di sisi-Ku sampai darahnya tertumpah.’” (HR Ahmad dan Ibnu Hibban)

——————————————————————————————————————————————————

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s