Godaan Hingga Akhir Hayat

Oleh: Sri Purwanti
(Sumber: Oase, eL-Ka hal. 32, Sabili No. 9 TH. XV 15 November 2007 / 5 Dzulqaidah 1428)

Seorang zahid bernama Zakaria menderita sakit keras. Kawannya pun datang menjenguk. Saat sang zahid mengalami sakaratul maut, sang kawan menuntunnya membaca kalimat tauhid. Namun Zakaria memalingkan wajahnya. Temannya heran dan kembali menuntunnya membaca kalimat ‘Laa ilaaha illallaah muhammadur rasulullaah’. Namun Zakaria tetap tak memperdulikannya.

Ketiga kalinya temannya menuntun, Zakaria bahkan menolak dengan mengatakan, “Tidak. Aku tidak akan mengucapkannya.” Mendengar itu, kawannya langsung pingsan.

Sampai akhirnya Zakaria sembuh dari sakitnya. Beberapa hari kemudian ia membuka matanya dan berkata, “Saat aku sakit, apakah kau melakukan sesuatu untukku?”

“Ya. Kami menuntunmu membaca syahadat sampai tiga kali. Namun engkau tak mau menjawab. Bahkan engkau berkata, ‘Aku tidak akan mengucapkannya,’” jelas kawan Zakaria.

“Sebenarnya, ketika itu iblis datang padaku dan menggerak-gerakkan mangkuk sambil berkata, ‘Apakah engkau butuh air?’ Aku jawab, ‘Ya.’ Lalu iblis berkata, ‘Kalau begitu katakan, Isa anak Allah.’”

“Aku berpaling. Lalu ia mendatangiku lagi dari sebelah kiriku dan memintaku melakukan hal yang sama. Dan saat ketiga kalinya, ia berkata padaku, lalu aku jawab, ‘Tidak. Aku tidak akan mengucapkannya.’”

“Akhirnya iblis itu langsung membanting mangkuknya ke tanah dan melarikan diri. Jadi aku menolak iblis, bukan kamu. Aku tetap bersaksi, tiada Tuhan selain Allah, Nabi Muhammad utusan Allah,’” jelas Zakaria.

——————————————————————————————————————————————————

“Mereka (orang-orang Yahudi dan Nasrani) berkata: ‘Allah mempunyai anak.’ Maha Suci Allah; Dia-lah Yang Maha Kaya; kepunyaan-Nya apa yang ada di langit dan apa yang di bumi. Kamu tidak mempunyai hujjah tentang ini. Pantaskah kamu mengatakan terhadap Allah apa yang tidak kamu ketahui?” (QS Yunus [10]: 68)

“Wahai Ahli Kitab, janganlah kamu melampaui batas dalam agamamu, dan janganlah kamu mengatakan terhadap Allah kecuali yang benar. Sesungguhnya Al Masih, Isa putera Maryam itu, adalah utusan Allah dan (yang diciptakan dengan) kalimat-Nya yang disampaikan-Nya kepada Maryam, dan (dengan tiupan) roh dari-Nya. Maka berimanlah kamu kepada Allah dan rasul-rasul-Nya dan janganlah kamu mengatakan: ‘(Tuhan itu) tiga,’ berhentilah (dari ucapan itu). (Itu) lebih baik bagimu. Sesungguhnya Allah Tuhan Yang Maha Esa, Maha Suci Allah dari mempunyai anak, segala yang di langit dan di bumi adalah kepunyaan-Nya. Cukuplah Allah menjadi Pemelihara.” (QS An-Nisaa [4]:171)

“Sesungguhnya telah kafirlah orang-orang yang berkata: ‘Sesungguhnya Allah itu ialah Al Masih putera Maryam.’ Katakanlah: ‘Maka siapakah (gerangan) yang dapat menghalang-halangi kehendak Allah, jika Dia hendak membinasakan Al Masih putera Maryam itu beserta ibunya dan seluruh orang-orang yang berada di bumi kesemuanya?’ Kepunyaan Allahlah kerajaan langit dan bumi dan apa yang ada diantara keduanya; Dia menciptakan apa yang dikehendaki-Nya. Dan Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.” (QS al-Maa’idah [5]: 17)

“Al Masih putera Maryam itu hanyalah seorang Rasul yang sesungguhnya telah berlalu sebelumnya beberapa rasul, dan ibunya seorang yang sangat benar, kedua-duanya biasa memakan makanan…” (QS al-Maa’idah [5]: 75)

“Allah sekali-kali tidak mempunyai anak, dan sekali-kali tidak ada tuhan (yang lain) beserta-Nya, kalau ada tuhan beserta-Nya, masing-masing tuhan itu akan membawa makhluk yang diciptakannya, dan sebagian dari tuhan-tuhan itu akan mengalahkan sebagian yang lain. Maha Suci Allah dari apa yang mereka sifatkan itu,” (QS al-Mu’minuun [23]: 91)

“Tidak layak bagi Allah mempunyai anak, Maha Suci Dia. Apabila Dia telah menetapkan sesuatu, maka Dia hanya berkata kepadanya: ‘Jadilah’, maka jadilah ia.” (QS Maryam [19]: 35)

“Dia Pencipta langit dan bumi. Bagaimana Dia mempunyai anak padahal Dia tidak mempunyai isteri. Dia menciptakan segala sesuatu; dan Dia mengetahui segala sesuatu.” (QS al-An’aam [6]: 101)

——————————————————————————————————————————————————

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s