Mayit Mengalami Musibah

Oleh: Salim H.J.
Sumber: Menyingkap 110 Misteri Alam Kubur (Hal. 76)
Penerbit LINTAS MEDIA Jombang

Rasulullah SAW pernah bersabda: “Barangsiapa yang menghitamkan pintu rumahnya atau pakaiannya ketika terjadi musibah kematian atau memukuli tokonya, menebangi pohon atau memotong rambutnya, maka akan dibangun untuk dirinya setiap rambut satu rumah dari api neraka. ALLAH tidak menerima penasarufan (harta)-nya dan sedekahnya selama pintu rumahnya masih tetap hitam (tanda duka yang mendalam). ALLAH juga akan menyempitkan kubur si mayit, akan menguatkan hisabnya, dan si mayit akan dilaknati oleh seluruh malaikat yang ada di langit dan di bumi. Akan ditulis pada diri si mayit seribu kesalahan dan dibangkitkan dari kuburnya dalam keadaan telanjang.”

“Barangsiapa merobek-robek saku bajunya ketika kena musibah, maka ALLAH akan merobek-robek agamanya. Kalau sampai menampari pipinya atau mencakari wajahnya, maka dia diharamkan melihat ALLAH.”

Dalam hadits lain diceritakan: Ketika anak Adam meninggal lalu ada jeritan di dalam rumahnya, maka berdirilah Malaikat Maut di pintu rumahnya seraya berkata kepada mereka: “Jeritan apa ini? Demi ALLAH, aku tidak mengurangi umur salah seorang dari kalian, tidak mengurangi rizki kalian, aku juga tidak menganiaya salah seorang dari kalian jika jeritan itu disebabkan oleh aku. Aku hanyalah seorang hamba yang diperintah. Apabila jeritan tersebut disebabkan adanya kematian, maka hal itu adalah sesuatu yang terpaksa. Sedangkan jika jeritan itu disebabkan dari ALLAH, maka kalian adalah benar-benar orang yang bodoh yang tidak tahu ajal. Demi ALLAH, aku akan kembali lagi padamu, kemudian akan kembali lagi untuk mencabut ruhmu.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s