Allah Tak Melupakan Seorang Pun

Oleh: Nurul Laily Maulidyah
(Sumber: Sabili No. 11 TH. XV 13 Desember 2007 / 3 Dzulhijjah 1428)

Seorang perempuan tua menemui Nabi Daud as. “Wahai Nabiyallah, Tuhanmu zalim atau adil?” tanya perempuan itu. “Dia Dzat Yang Maha Adil dan tidak berlaku zalim,” jawab Nabi Daud. “Apa yang telah terjadi denganmu hingga kau bertanya seperti itu?” tanya Nabi Daud kemudian.

“Aku seorang janda, memiliki tiga anak perempuan. Aku bekerja menyulam kain untuk menghidupi mereka. Kemarin, aku bekerja seharian menyulam di atas kain merah. Usai menyelesaikan pekerjaan, aku memberitahu anak-anak, aku akan pergi ke pasar. Tiba-tiba seekor burung besar mematukku. Burung itu terbang membawa kain yang akan kujual. Aku sedih. Tak ada lagi yang bisa kujual untuk memberi makan anak-anak,” kisah wanita itu.

Tiba-tiba, terdengar seseorang mengetuk pintu. Nabi Daud mengizinkannya masuk. Ternyata tamu itu berjumlah sepuluh orang. Tiap orang memegang uang sebanyak seratus dinar. “Wahai Nabiyallah, berikanlah uang ini pada orang yang berhak,” ujar salah seorang mewakili teman-temannya.

“Apa yang menyebabkan kalian menyerahkan uang sebanyak ini?” tanya Nabi Daud.

“Kami berada di atas perahu. Lantas badai datang dan nyaris saja kami tenggelam karena perahu kami berlubang. Tiba-tiba datang seekor burung melemparkan sepotong kain merah bersulam pada kami. Kami gunakan kain itu untuk menutup lobang perahu hingga badai berlalu.”

Daud menoleh pada sang perempuan sambil berujar, “Tuhan memperdagangkan kainmu, di laut dan di darat, dan kau sempat menuduhnya sebagai Dzat yang zalim.” Daud lalu memberikan uang seribu dinar itu padanya.
——————————————————————————————————————————————————

“Hanya kemarahan yang bisa membuat mulut seseorang bertindak lebih cepat daripada pikirannya.” (Thomas Szasz)

——————————————————————————————————————————————————

One thought on “Allah Tak Melupakan Seorang Pun

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s