Jibril, Shalat, dan Umat Muhammad

(Sumber: Syaikh Muzaffer Ozak al-Jerrahi, “Allah, Nabi Adam, dan Siti Hawa” (diterjemahkan oleh Luqman Hakim), Bandung: Pustaka Hidayah, Cetakan I, Juli 2009, hal. 124)

Menurut hadits, setelah Jibril diciptakan oleh Allah swt, Jibril berkata, “Ya Tuhan, apakah Engkau telah menciptakan seorang malaikat yang lebih rupawan dariku?” Allah menjawab, “Aku belum pernah menciptakan malaikat yang lebih rupawan darimu.”

Ketika Jibril menerima jawaban terhadap pertanyaannya ini, ia berdiri dan melaksanakan shalat dua rakaat—setiap rakaat menghabiskan waktu seribu tahun—demi menjunjung tinggi Pencipta Yang Maha Suci. Saat Jibril selesai beribadah, Allah memanggilnya, “Ya Jibril, engkau telah menyembah-Ku secara sungguh-sungguh. Tak seorang makhluk pun yang menyembah-Ku sebagaimana engkau, tetapi di akhir zaman ada seorang Nabi Mulia-Ku, yang Aku Cintai, akan tiba. Meskipun umatnya berbuat sejumlah kesalahan, berkalang dosa, dan memiliki keshalihan yang tidak begitu tinggi, dua rakaat shalat yang mereka lakukan untuk mengimbangi kealpaan dan kesalahan mereka lebih Aku cintai daripada shalat yang engkau lakukan demi memuji dan memuja Kemuliaan dan Keagungan-Ku. Ya Jibril, engkau shalat dan berdoa secara sukarela, sementara Aku akan memerintahkan mereka melakukannya. Keutamaan mereka karena mereka adalah umat Muhammad.”

Jibril bertanya sekali lagi, “Ya Allah, berkah apa yang akan Engkau berikan untuk shalat yang mereka lakukan?” Allah swt menjawab, “Aku akan memberikan surga-Ku.”

Jibril mengulangi pertanyaannya, “Ya Tuhan, aku memohon kiranya Engkau berkenan mengizinkanku melihat-lihat surga yang akan Engkau anugerahkan kepada umat Muhammad.” Allah kemudian mengizinkan Jibril dan dengan leluasa Jibril as terbang lepas melesat melihat seluruh kemegahan surga.

Setelah Jibril terbang berkeliling sepanjang tiga ribu tahun, selanjutnya tiga puluh ribu tahun, ia mengalami kelelahan dan berhenti di bawah kerindangan pepohonan surga. Jibril sujud di hadapan Allah dan memohon agar diberitahu seberapa besar jarak yang telah ia lintasi, “Ya Allah, aku kehabisan kekuatan. Beritahukan kepadaku, berapa besar bagian dari surga yang telah Engkau anugerahkan kepada umat Muhammad—ini yang telah aku lintasi?” Apakah separo, sepertiga, atau seperempatnya?” Allah menjawab, “Bahkan apabila engkau terbang sepanjang tiga puluh ribu tahun lagi dengan kecepatan sepuluh kali lipat kecepatanmu saat ini, engkau tidak akan dapat melintasi sepersepuluh berkah yang telah Aku anugerahkan kepada umat Muhammad. Ya Jibril demikianlah berkah yang Aku berikan sebagai pahala shalat dua rakaat.”

——————————————————————————————————————————————————

“Tidak semua orang yang shalat itu bershalat. Aku hanya menerima shalatnya orang yang merendahkan diri kepada keagungan-Ku, menahan syahwatnya dari perbuatan haram larangan-Ku dan tidak terus-menerus (ngotot) bermaksiat terhadap-Ku, memberi makan kepada yang lapar dan memberi pakaian orang yang telanjang, mengasihi orang yang terkena musibah dan menampung orang asing. Semua itu dilakukan karena Aku.
Demi Keagungan dan kebesaran-Ku, sesungguhnya bagi-Ku cahaya wajah lebih bersinar dari matahari dan Aku menjadikan kejahilannya kesabaran (kebijaksanaan) dan menjadikan kegelapan terang, dia berdoa kepada-Ku dan Aku mengabulkannya, dia mohon dan Aku memberikannya dan dia mengikat janji dengan-Ku dan Aku tepati (perkokoh) janjinya. Aku lindungi dia dengan pendekatan kepadanya dan Aku menyuruh para malaikat menjaganya. Bagi-Ku dia sebagai surga Firdaus yang belum tersentuh buahnya dan tidak berubah keadaannya.”
(Hadits Qudsi riwayat Adiilami)

——————————————————————————————————————————————————

6 thoughts on “Jibril, Shalat, dan Umat Muhammad

  1. Mari kita menulis surah Nisa-Para wanita 102-103.

    Nisa-The Women/102: Dan bila kamu di dalam mereka, maka berdiri bagi mereka (untuk memimpin mereka dalam) shalat rutin harian, maka biarkan salah satu pihak dari mereka (berdiri dalam shalat) beserta engkau, dan (pihak terakhir) menyandang senjata mereka. Maka bila (mereka menyelesaikan) sujud (1 rakaat), maka biarkan mereka pindah dari belakang kamu (untuk menghadapi musuh). Dan biarkan datang pihak terakhir yang belum shalat- maka shalat beserta engkau (1 rakaat), dan hendaklah bersiap siaga mereka, dan menyandang senjata mereka: dan orang-orang kafir ingin, sekiranya kamu lalai dari senjata kamu dan bagasi kamu, maka menyerang atas kamu dalam satu serangan. Dan tidak ada kesalahan atas kamu jika adalah dengan kamu idzin dari ketidaknyamanan hujan atau kamu sakit meletakkan senjata-senjata kamu, dan bersiap siaga kamu. Sungguh Allah telah menyiapkan bagi orang-orang kafir siksaan yang menghinakan.

    103. Maka bila kamu selesai shalat rutin harian, maka selalu mengenang Allah sambil berdiri, dan duduk, dan atas berbaring kamu, maka bila telah aman kamu, maka dirikan shalat rutin harian (dalam cara yang benar 2 rakaat): Sungguh shalat rutin harian adalah kewajiban yang mengikat atas orang-orang yang beriman tulisan yang diwaqtukan.

    Mari kita menulis Nisa-The Women/101.

    Nisa-The Women/101: Dan bila bepergian kamu di dalam bumi, tidak ada atas kamu dosa mempersingkat(qashar) dari shalat rutin harian, jika takut diserang kamu (oleh) orang-orang kafir. Sungguh orang-orang kafir adalah bagi kamu musuh yang jelas.

  2. Jibril shalat krn memang malaikatnya tuhan negeri mekah/islam, Gabriel nggak pernah shalat kayak si jibril. Krn Gabriel itu malaikatn ya TUhan Israel

  3. TUHAN ISAREL BERMUSUHAN DGN TUHAN NEGERI MEKAH DAN UMATNYA PUN BUNUH2AN. JADI JELAS TDK ADA HUBUNGAN ANTARA TUHAN ISLAM YAHUDI DAN kRISTEN.

  4. AL QURAN ITU HAIR UTK MEMPERTAJAM PERMUSUHAN ANTARA ISLAM/ARAB DGN ISRAEL DAN KRISTEN PENYEROBOTAN YERUSALEM OLEH ARAB AKAN SELALU MENYULUT PEPERANGAN SAMPAI AKHIR ZAMAN.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s